Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74379
Title: Profil Siswa Kelas IX dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif di MTs Negeri Jember 1
Authors: Hobri
Dian Kurniati
Diana Mutdaifa Osy Suni
Hobri
Dian Kurniati
Keywords: Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa kelas IX dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif di MTs Negeri Jember 1. Jadi, pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai siswa dengan gaya kognitif reflektif dan siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif memiliki beberapa kecenderungan dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung yaitu cenderung dapat memahami dan memecahkan permasalahan, membutuhkan waktu yang lebih lama daripada siswa dengan gaya impulsif dalam memahami dan memecahkan permasalahan, dapat menuliskan langkah-langkah pemecahan masalah dengan runtut dan benar, serta teliti dalam melakukan pemecahan masalah sehingga hasil akhir benar . Sedangkan untuk siswa dengan gaya kognitif impulsif memiliki beberapa kecenderungan dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung yaitu cenderung tidak dapat memahami dan memecahkan permasalahan, tidak dapat menuliskan langkah-langkah pemecahan masalah dengan runtut dan benar, tidak menguasai rumus untuk diaplikasikan ke soal cerita, serta tidak teliti dalam melakukan pemecahan masalah sehingga hasil akhir salah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74379
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DIANA MUTDAIFA OSY SUNI.odt254.37 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.