Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74329
Title: | PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MNEMONIC DAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IPA POKOK BAHASAN PANCA INDRA KELAS IV DI SDN GLANGGANG 01 PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
Authors: | Singgih Bektiarso Agustiningsih Dewi Annisa Singgih Bektiarso Agustiningsih |
Keywords: | mnemonic, snowball throwing , motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa. |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Permasalahan yang ada di kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan adalah motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal tersebut dikarenakan guru belum menggunakan strategi dan metode yang dapat menekankan kemampuan dalam mengingat materi pembelajaran. Alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan menggunakan strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA melalui strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan Tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 29 siswa yang terdiri atas 20 laki-laki dan 9 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi ditunjukkan dengan rata-rata skor motivasi pada siklus I sebesar 59,38 kemudian rata-rata skor motivasi belajar siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 70,21. Skor motivasi belajar siswa siklus 1 ke siklus 2 adalah 11,76. Selanjutnya skor hasil belajar siswa siklus I secara klasikal sebesar 71,35. Skor belajar siswa siklus II secara klasikal sebesar 80,28. Jadi skor hasil belajar siklus 1 ke siklus 2 adalah 8,93.Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan.. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74329 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DEWI ANNISA.odt | 258.06 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.