Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74319
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Susi Setiawani | - |
dc.contributor.advisor | Arif Fatahillah | - |
dc.contributor.author | Deni Fianda | - |
dc.contributor.author | Susi Setiawani | - |
dc.contributor.author | Arif Fatahillah | - |
dc.date.accessioned | 2016-05-30T07:19:25Z | - |
dc.date.available | 2016-05-30T07:19:25Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74319 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kemampuan penalaran matematis pada pokok bahasan geometri kelas X SMAN 1 Jember antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil post-test pertama rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 51, sedangkan rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan tipe Group Investigation adalah 31,83. Kemudian untuk hasil post-test kedua rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan pembalajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 90,16, sedangkan rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan tipe Group Investigation adalah 58,5. Perbedaan yang terjadi diakui karena pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tiap sub materi atau bahan ajar dijelaskan oleh teman sebaya sehingga jika ada yang tidak dimengerti langsung ditanyakan kepada siswa ahli, sedangkan pada pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation tiap sub materi dipresentasikan di depan kelas. Hal tersebut memungkinkan beberapa siswa tidak memiliki kesempatan bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti karena keterbatasan waktu, atau hanya malu untuk bertanya dikarenakan pembelajaran diawasi langsung oleh pemberi materi dalam hal ini peneliti. Oleh karena itu pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan kesempatan yang lebih baik dalam memahami materi dan membentuk kemampuan penalaran matematis dimana hal tersebut juga ditunjang oleh siswa di hampir semua indikator kemampuan penalaran matematis menunjukkan nilai yang lebih baik pada siswa yang menerima pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Kemampuan Penalaran Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, | en_US |
dc.title | Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Pembelajaran Geometri Siswa Kelas X SMAN 1 Jember Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DENI FIANDA.odt | 252.54 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.