Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74279
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSinggih Bektiarso-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorBernika Ulinnuha Fajrin-
dc.contributor.authorSinggih Bektiarso-
dc.contributor.authorAgustiningsih-
dc.date.accessioned2016-05-30T04:04:19Z-
dc.date.available2016-05-30T04:04:19Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74279-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Slawu III, hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu pada pokok bahasan daur hidup hewan guru telah menggunakan media nyata berupa ulat, namun motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah, hal ini terlihat siswa tidak mengamati, tidak mencatat proses daur hidup hewan dan pengamatan gagal karena hewan yang diamati mati. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 36 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan pendektan kontekstual dengan media video ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Slawu III mengalami peningkatan setelah menerapkan pendekatan kotekstual dengan media video. Pada Siklus 1 Persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 60,28% meningkat menjadi 77,15%  pada siklus 2. terdapat kenaikan motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 16,87%. Presentase hasil belajar secara klasikal sebesar 67% temasuk dalam kriteria cukup, sehingga peneliti melakukan refleksi untuk kegiatan siklus2. Pada siklus 2 presentase hasil belajar secara klasikal sebesar 83,67% termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 16,67%. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan media video pada pokok bahasan daur hidup hewan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Slawu III Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpendekatan kontekstual, video pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar.en_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Kontekstual dengan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN Slawu III Tahun Ajaran 2015/2016en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BERNIKA ULINNUHA FAJRIN.odt277.97 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.