Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74258
Title: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) SISWA KELAS III SDN LENGKONG 04 JEMBER
Authors: Titik Sugiarti
Susanto
Anik Suryani
Titik Sugiarti
Susanto
Keywords: model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan uang
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lengkong 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi penjumlahan dan pengurangan uang melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction). Hal ini dikarenakan di SDN Lengkong 04 Jember terdapat permasalahan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dikarenakan kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 38 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode ARIAS ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pertemuan dan siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN Lengkong 04 Jember mengalami peningkatan. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71, pada siklus II, peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82. Peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapaan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Lengkong 04 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74258
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANIK SURYANI.odt253.58 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.