Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74253
Title: Penerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tentang Sub Bab Perubahan Wujud Benda
Authors: Singgih Bektiarso
Sihono
Amalia Cici Dwi Pratiwi
Singgih Bektiarso
Sihono
Keywords: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT,
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas  dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa masih kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa masih bemain sendiri saat pembelajaran. Guru juga masih belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, masih sering berceramah dan siswa masih belum mendapatkan pengalaman langsung saat pembelajaran . Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil beljar siswa sebagai salah satu solusi yaitu diterapkan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso tahun pelajaran 2015-2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe Numbered Heads Togheter (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar meningkat dari siklus I 74,56,% menjadi 85,04% pada siklus II. Meningkatnya aktivitas belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 73,52 dan meningkat pada siklus II sebesar 82,85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74253
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AMALIA CICI DWI PRATIWI.odt264.6 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.