Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74243
Title: Proses Berpikir Siswa Tunanetra dalam Memahami Konsep Persegi Panjang Dilihat dari Teori Van Hiele
Authors: Sunardi
Susanto
Afi Latul Laili
Sunardi
Susanto
Keywords: Proses Berpikir, Siswa Tunanetra, Tahapan Piaget, Teori Van Hiele
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa tunanetra dalam memahami konsep persegi panjang. Proses berpikir siswa tunanetra dideskripsikan berdasarkan tahapan Piaget yaitu disequilibrium, asimilasi, akomodasi dan equilibrium. Ketika siswa diberikan soal tes terjadi kebingungan atau ketidakseimbangan yang disebut dengan disequilibrium. Tahapan asimilasi terjadi ketika siswa memperoleh pengetahuan baru, kemudian apabila siswa sudah paham dengan pengetahuan baru yang diperoleh maka akan terjadi akomodasi. Apabila asimilasi dan akomodasi seimbang maka akan terjadi equilibrium. Hasil deskripsi proses berpikir siswa tunanetra akan dikaitkan dengan teori van hiele. Berdasarkan indikator van Hiele, level berpikir dari subjek penelitian sudah pada level 1 yaitu analisis. Namun subjek penelitian yang lain masih belum memenuhi indikator van Hiele, sehingga siswa tersebut belum memenuhi level van Hiele yang ada.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74243
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AFI LATUL LAILI.odt254.98 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.