Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74242
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTitik Sugiarti-
dc.contributor.advisorMutrofin-
dc.contributor.authorAdesila Kurniyasari-
dc.contributor.authorTitik Sugiarti-
dc.contributor.authorMutrofin-
dc.date.accessioned2016-05-30T02:10:27Z-
dc.date.available2016-05-30T02:10:27Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74242-
dc.description.abstractPenerapan pembelajaran AIR terdiri dari Auditory, Intellectually, dan Repetition. Tahap Auditory yaitu memberikan motivasi dengan cara mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan nyata atau sehari-hari, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat sehingga menciptakan suasana belajar yang aktif. Tahap Intellectually yaitu kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam bentuk LKS dan diiringi dengan memberikan bimbingan kepada siswa kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. Tahap repetition yaitu bersama-sama menyimpulkan hasil dari pembelajaran dan menanyakan tentang materi secara singkat serta memberikan kuis atau latihan soal. Dakon bilangan digunakan untuk memudahkan anak dalam memahami konsep FPB dan KPK. Penggunaan dakon bilangan juga lebih menarik minat siswa untuk belajar, sehingga siswa tidak jenuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan pembelajaran AIR menggunakan alat peraga dakon bilangan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK serta untuk mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember selama proses pembelajaran menggunakan pembelajaran AIR dengan alat peraga dakon bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penerapan pembelajaran AIR dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dan Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran AIR dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan FPB dan KPK..en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectAIR, FPB, KPK, dakon bilangan.en_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbatuan Alat Peraga Dakon Bilangan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar FPB dan KPK Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Tahun Ajaran 2015/2016en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ADESILA KURNIYASARI.odt290.62 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.