Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74149
Title: Hubungan antara Faktor Pendukung Customer Relationship Management dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Jember (Correlation between Supporting Factors of Customer Relationship Management with Customer Loyalty in Outpatient Installation at Paru’s Hospital of Jember)
Authors: Sidemen, Arya
Witcahyo, Eri
Nila Faradila, Eva Ayu
Keywords: Loyalitas Pelanggan
Faktor Pendukung Customer Relationship Management
Instalasi Rawat Jalan
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ PRESS
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
Abstract: Permasalahan loyalitas di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Paru disebabkan karena turunnya jumlah pasien baru dari 8.013 pada tahun 2012 menjadi 5.595 pada tahun 2013. Loyalitas dapat diukur dengan tiga hal yaitu berbicara hal positif, merekomendasikan serta berkunjung ulang. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa ada beberapa indikator dari loyalitas yang belum berjalan dengan baik. Korelasi antara konsumen dan perusahaan akan menjadi lebih kuat dengan faktor pendukung dari CRM yang dapat membangun loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi antara faktor pendukung CRM dengan Loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Paru Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 pasien di instalasi rawat jalan. Data disajikan dengan menggunakan tabel dan dianalisis dengan Spearmen Rank Correlation dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara faktor pendukung CRM dengan loyalitas pasien di instalasi rawat jalan RS Paru Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74149
Appears in Collections:SRA-Medical

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eva Ayu Nila Faradila.pdf170.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.