Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74006
Title: The Analysis of Impoliteness Strategies Found in Carnage Movie Script (Analisis Strategi Ketidaksantunan Yang Ditemukan dalam Skrip Film Carnage)
Authors: Sukarno
Tri Wahyuningsih, Agung
ARIZ DAFIQI, MUHAMMAD
Keywords: strategi ketidaksantunan
Carnage
faktor
pembicara
lawan bicara
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ PRESS
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Studi ini bertujuan untuk menganalisa tipe-tipe strategi ketidaksantunan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam sebuah skrip film. Sumber data penelitian ini diambil sebuah skrip film berjudul Carnage yang disutradarai oleh Roman Polanski (2011). Penelitian ini mendeskripsikan jenis jenis ketidaksantunan yang digunakan oleh para karakter dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena data penelitian ini berbentuk ujaran ujaran yang dihasilkan oleh para karakter dalam Carnage. Penelitian ini menggunakan teory ketidaksantunan Culpeper dan teori konteks untuk menganalisa data ketidaksantunan yang ditemukan dalam skrip film tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima macam tipe strategi ketidaksantunan yang digunakan oleh para karakter di Carnage, mereka adalah: ketidaksantunan secara langsung, ketidaksantunan negatif, ketidaksantunan positif, penggunaan sindiran, dan strategi menahan kesantunan. Penulis juga menemukan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi para karakter untuk menggunakan strategi ketidaksantunan. Faktor yang pertama yakni konflik ketertarikan antara pembicara dan pendengar, faktor kedua adalah keintiman atau kedekatan antara pembicara dan pendengar dan faktor terakhir adalah perbedaan kekuatan antara pembicara dan pendengar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74006
Appears in Collections:SRA-Humanities

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUHAMMAD ARIZ DAFIQI.pdf263.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.