Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/73729
Title: Transformasi Wacana dalam Lagu Pop-Etnis: Strategi Komersil dan Negosiasi Lokalitas dalam Industri Musik di Jawa Timur dan Jawa Tengah
Authors: Albert Tallapessy
Ikwan Setiawan
Andang Subaharianto
Keywords: musik Banyuwangian
musik campursari
transformasi budaya
strategi komersil
negosiasi lokalitas.
industri kreatif
Issue Date: 9-May-2016
Publisher: Fak. Sastra -2015
Series/Report no.: Hibah STRANAS;2015
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan model transformasi wacana terkait nilai-nilai kearifan tradisional, eksotisme alam, gender, dan persoalan sosio-kultural dalam lagu pop-etnis sebagai strategi komersil dan bentuk negosiasi lokalitas dalam industri musik di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini akan dilakukan selama 2 tahun. Pada tahun I, penelitian tahap awal akan menggunakan pendekatan wacana multimodal dan poskolonial untuk menelaah sejarah transformasi lokalitas dalam musik pop-etnis di Banyuwangi, Jawa Timur, dan di Solo, Jawa Tengah, yang berlangsung dari era 80-an hingga 2000-an. Penelitian historis dengan menggunakan kaset dan VCD kendang-kempul dari Banyuwangi dan campursari dari Solo akan berguna untuk merekonstruksi genealogi transformasi dan kecenderungan lokalitas yang berlangsung dari satu periode ke periode lain sebagai bagian dari strategi komersil dan bentuk negosiasi lokalitas Jawa. Tahapan berikutnya adalah pengumpulan data dari lapangan yang meliputi strategi dari para kreator dan produser untuk mewacanakan lokalitas kontemporer ke dalam musik pop-etnis serta respons para penikmat terhadap strategi tersebut. Dengan tahapan tersebut, luaran tahun I dari penelitian ini adalah (1) artikel jurnal nasional terakreditasi tentang kecenderungan lokalitas yang dinegosiasikan dalam musik pop-etnis di Jawa Timur dan Jawa Tengah dari periode ke periode dan (2) model awal transformasi lokalitas dalam musik popetnis sebagai strategi komersil sekaligus budaya tanding. Meskipun demikian, sebagai temuan awal, model tersebut masih harus diuji ketepatan dan keefektivannya pada tahun kedua, sehingga akan ditemukan model yang benarbenar bisa diterapkan untuk saat ini dan kemungkinan di masa depan.
Description: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember Telepon 0331 337818
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73729
Appears in Collections:LRR-Hibah Strategis Nasional

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
unej_stranas_albert_tallapessy_2015.pdf945.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.