Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/73413
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHariani, Sulifah Aprilya-
dc.contributor.advisorFikri, Kamalia-
dc.contributor.authorMeilinda Riyono, Cintia Tri-
dc.date.accessioned2016-02-22T03:32:34Z-
dc.date.available2016-02-22T03:32:34Z-
dc.date.issued2016-02-22-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73413-
dc.description.abstractIndonesia sebagai negara dengan peringkat terendah dalam pencapaian mutu pendidikan. Kondisi ini diperparah dengan rendahnya minat membaca masyarakat Indonesia dan kegiatan pembelajaran di Indonesia telah membuat siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan guru mengajar di kelas daripada mencari informasi dengan membaca buku sebanyak-banyaknya. Salah satu alternatif pemecahan masalah pendidikan, yaitu dengan mendayagunakan sumber-sumber belajar, contoh sumber belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah buku siswa. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan tentang pemahaman konsep terhadap materi gerak pada tumbuhan. Buku siswa kurikulum 2013 yang digunakan dalam pembelajaran tidak jauh berbeda dengan buku-buku terdahulu, diliat dari isi materi dan gambar yang diberikan kurang variatif. Siswa menginginkan buku yang mudah dipahami, berisi rangkuman, serta lengkap dengan gambar. Perlu solusi yang dapat menangani masalah tersebut, yakni dengan menggunakan buku siswa berbasis model pembelajaran siklus belajar 5E, dimana model ini dapat mengembangkan pemahaman konsep siswa melalui pengalaman langsung yang bertahap dan bersiklus yang diharapkan mampu menuntun siswa untuk memahami suatu konsep materi. Berdasarkan uraian di atas peneliti mengambil judul “Pengembangan Buku Siswa IPA Biologi Berbasis Model Siklus Belajar 5E Pokok Bahasan Gerak Pada Tumbuhan Kelas VIII SMP”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan buku siswa IPA biologi berbasis model Siklus Belajar 5E pokoken_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPengembangan Buku Siswa IPA Biologi Berbasis Model Siklus Belajaren_US
dc.titlePENGEMBANGAN BUKU SISWA IPA BIOLOGI BERBASIS MODEL SIKLUS BELAJAR 5E POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN KELAS VIII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_CINTIA TRI MEILINDA RIYONO_10-75-1-51.pdf1.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools