Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/73210
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Wahono, Bevo | - |
dc.contributor.author | Perdana, Erik | - |
dc.contributor.author | Faisal | - |
dc.contributor.author | Abbasyakirin | - |
dc.date.accessioned | 2016-02-03T02:48:54Z | - |
dc.date.available | 2016-02-03T02:48:54Z | - |
dc.date.issued | 2016-02-03 | - |
dc.identifier.isbn | 978-602-17886-1-5 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73210 | - |
dc.description | PROSIDING Seminar Nasional Lesson Study Aula Lantai III Kantor Pusat Universitas Jember, 16 Desember 2013 "Peran Lesson Study dalam Mensukseskan Kurikulum 2013" | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah keterlaksanaan PPL berbasis LS pada mahasiswa strata dua sebagai sarana peningkatan profesionalitas dosen pemula. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif berbasis Lesson Study. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu sebagai berikut: 1) Deskripsi keterlaksanaan Lesson Study. 2) Deskripsi pembelajaran dalam kegiatan Lesson Study dan 3) Lembar hasil wawancara. Setelah dilakukan analisis data, ada 7 (tujuh) hal yang diperoleh oleh dosen model dalam pelaksanaan lesson study ini dalam hal kaitannya dengan pengembangan profesionalisme, yaitu (1) memikirkan dengan cermat mengenai tujuan pembelajaran, materi pokok, dan bidang studi, (2) mengkaji dan mengembangkan pembelajaran yang terbaik yang dapat dikembangkan, (3) memperdalam pengetahuan mengenai materi pokok yang diajarkan, (4) merancang pembelajaran secara kolaboratif, (5) mengkaji secara cermat cara dan proses belajar serta tingkah laku mahasiswa, (6) mengembangkan pengetahuan pedagogis yang kuat penuh daya, dan (7) melihat hasil pembelajaran sendiri melalui mata mahasiswa dan kolega. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar praktik pengalaman lapangan selalu dilakukan berbasis lesson study. Hal ini sangat berguna terutama bagi dosen-dosen pemula yang jam terbangya belum terlalu banyak, sehingga profesionalitasnya semakin meningkat. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk dilaksanakan di tingkat strata satu yang juga mempersiapkan calon guru. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Praktik Pengalaman Lapangan | en_US |
dc.subject | Lesson Study | en_US |
dc.subject | Profesionalitas | en_US |
dc.subject | Dosen Pemula | en_US |
dc.title | PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BERBASIS LESSON STUDY PADA PERKULIAHAN METODOLOGI PENELITIAN SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PROFESIONALITAS DOSEN PEMULA | en_US |
dc.type | Prosiding | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Prosiding LS.pdf | 713.81 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.