Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/73125
Title: PENGARUH METODE BERMAIN KARTU DOMINO BERGAMBAR (SCIENCE DOMINOES) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SUB POKOK BAHASAN RANTAI MAKANAN SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 JEMBER
Authors: Nuriman
Agustiningsih
Sahronih, Siti
Keywords: BERMAIN KARTU DOMINO
Issue Date: 1-Feb-2016
Abstract: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sebagai salah satu mata pelajaran penting dalam jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) memiliki peran yang sangat dominan untuk membentuk konsep pemahaman siswa tentang alam. Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep IPA dapat berpengaruh terhadap hasil belajar, sebab dalam IPA kapabilitas seseorang terukur melalui konsep yang telah dikuasainya. Dengan demikian, diperlukan adanya suatu pembelajaran yang bervariasi dengan menerapkan suatu metode yang menyertakan media sebagai penyampaian pesan dalam pembelajaran. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam menekankan pada pemahaman konsep adalah metode bermain dengan kartu domino bergambar (science dominoes). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain kartu domino bergambar (science dominoes) terhadap hasil belajar IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari 03 Jember mulai tanggal 21 Oktober sampai tanggal 12 November 2015. Penelitian ini menggunakan pola non-randomized control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Sumbersari 03 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,696, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan db = 64 pada ix taraf signifikansi 5%. Nilai dengan db = 64 memiliki harga 1,998. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya berdasarkan pertimbangan dan kesepakatan wali kelas IVA dan IVB langsung ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 4,537, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 64 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 1,998. Diperoleh > (4,537 > 1,998), dengan demikian hipotesis nihil ( ) yang berbunyi tidak ada pengaruh metode bermain kartu domino bergambar (science dominoes) terhadap hasil belajar IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh metode bermain dengan kartu domino bergambar (science dominoes) terhadap hasil belajar IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember diterima, dengan hasil uji efektifitas relatif pada analisis data diperoleh ER = 49,17%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain kartu domino bergambar (science dominoes) terhadap hasil belajar IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember. Metode bermain dengan kartu science dominoes ini diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan untuk variasi pembelajaran yang menuntut siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu sebagai referensi untuk menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta dapat memberikan wawasan dan masukan serta bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73125
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Sahronih cover 123.pdf754.77 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools