Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/73117
Title: DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU KARYA IWAN FALS PADA ALBUM “IWAN FALS IN LOVE” SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI PUISI
Authors: Widjajanti, Anita
Husniah, Furoidatul
Dzikrillah, Alex
Keywords: LIRIK LAGU
Issue Date: 1-Feb-2016
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi album Iwan Fals In Love diciptakan berbeda dengan album-album Iwan Fals lainnya. Album Iwan Fals In Love terdapat lagulagu kisah asmara Iwan Fals yang dapat memberikan suasana lain bagi penikmat lagu Iwan Fals yang umumnya bertemakan sosial politik. Lagu-lagu kisah asmara Iwan Fals diciptakan menggunakan diksi yang dapat memperindah, memperjelas makna lagu, menspesifikkan makna lagu, merealisasikan makna dan memberikan gambaran cerita serta penggunaan gaya bahasa yang dapat memperindah maksud, memberikan kesan hidup terhadap lagu, memberikan penekanan, penegasan dan memberi nilai imajinatif kepada penikmat lagu sehingga lirik lagu memiliki nilai seni. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah diksi yang digunakan dalam lirik lagu karya Iwan Fals pada album Iwan Fals In Love?, 2) bagaimanakah gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu karya Iwan Fals pada album Iwan Fals In Love?, 3) bagaimanakah pemanfaatan diksi dan gaya bahasa lirik lagu karya Iwan Fals pada album Iwan Fals In Love sebagai alternatif materi pembelajaran mengidentifikasi puisi? Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan rancangan penelitian kualitatif. Data yang digunakan berupa kata, frase dan kalimat lirik lagu karya Iwan Fals pada album Iwan Fals In Love yang mengindikasikan adanya diksi dan gaya bahasa. Sumber data penelitian berupa 16 lirik lagu karya Iwan Fals yang terangkum dalam album Iwan Fals In Love. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif analitik. Instrumen pengumpul data adalah peneliti, digunakan pula instrumen pembantu yang berupa tabel pengumpul data, tabel analisis data dan alat pendukung berupa telpon genggam untuk menyimak lagu. ix Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan dalam lirik lagu karya Iwan Fals pada album Iwan Fals In Love meliputi: (1) kata bermakna denotasi yang berhubungan dengan tempat, waktu, jumlah, jenis kelamin, keadaan dan perasaan; (2) kata bermakna konotasi yang berhubungan dengan keadaan, perasaan dan benda; (3) kata umum yang berhubungan dengan kegiatan, perasaan, benda dan keadaan; (4) kata khusus yang berhubungan dengan kegiatan, keadaan, hewan dan waktu; (5) kata abstrak yang berhubungan dengan perasaan, keadaan, organ tubuh manusia dan sifat; (6) kata konkret yang berhubungan dengan anggota badan manusia, alam, tempat, sifat, ekspresi wajah dan suara. Jenis gaya bahasa yang digunakan meliputi: (1) gaya bahasa perbandingan, meliputi personifikasi, simile, metafora, alegori, anitetis dan pleonalisme; (2) gaya bahasa pertentangan hiperbola (3) gaya bahasa pertautan, meliputi sinekdoks dan eufimisme; (4) gaya bahasa perulangan, meliputi anafora, epistrofa dan mesodiplosis. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif materi pembelajaran pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi siswa SMA kelas X dengan Standar Kompetensi (SK) 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung, dengan Kompetensi Dasar (KD) 5.1 mengidentifikasi unsurunsur bentuk puisi yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan (1) Bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini sebaiknya digunakan sebagai referensi atau bahan untuk meningkatkan pengetahuan tentang ilmu kebahasaan khususnya diksi dan gaya bahasa; (2) Bagi guru bahasa Indonesia, hasil penelitian ini sebaiknya digunakan sebagai alternatif materi pembelajaran mengidentifikasi diksi dan gaya bahasa puisi yang terdapat dalam Kurikulum Timgkat Satuan Pendidikan (KTSP) kelas X, serta dikembangkan dengan media dan alat evaluasi yang sesuai; (3) Bagi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian serupa, disarankan agar dapat mengembangkan penelitian yang lebih luas, yakni meneliti cakupan diksi yang lain atau meneliti dengan fokus yang sama tetapi pembahasannya lebih diperinci.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73117
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alex Dzikrillah cover 123.pdf561.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools