Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/73032
Title: SISTEM INFORMASI PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN PELAYANAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: PT.WOM FINANCE CABANG JEMBER)
Authors: Slamin
Yulia Retnani, Windi Eka
Pranata, Surya Adi
Keywords: METODE TOPSIS
Issue Date: 1-Feb-2016
Abstract: Sebagai pihak penyedia dan pelayanan dalam bidang jasa perkreditan kendaraan bermotor bagi masyarakat umum, PT.WOM FINACE dituntut untuk teliti dan cermat dalam proses analisa pengajuan kredit untuk menghindari resiko kredit, calon debitur juga bertambah banyak sehingga diperlukan proses seleksi untuk calon debitur yang layak. Proses seleksi dilakukan satu persatu kepada calon debitur dengan pengisian data awal sebelum disurvei oleh pihak surveyor lapangan. Untuk efisiensi waktu dan tenaga maka calon debitur dipilah berdasarkan prioritas kelayakan yang ditetapkan oleh perusahaan. Calon debitur di ranking berdasarkan yang paling layak sampai yang tidak memenuhi syarat. Calon debitur yang paling layak memiliki hak untuk disurvey terlebih dahulu. Dalam hal ini pihak perusahaan WOM FINANCE memiliki parameter khusus yang harus dipenuhi oleh setiap calon debitur. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat merangking calon debitur. Sistem informasi tersebut adalah sistem informasi pendukung pengambilan keputusan pemberian pelayanan kredit dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). TOPSIS didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan konsep prosedural. Hasil dari penelitian secara keseluruhan yaitu sistem sistem informasi pendukung pengambilan keputusan pemberian pelayanan kredit dengan menggunakan metode TOPSIS dapat melakukan perangkingan calon debitur viii sehingga dapat memaksimalkan kinerja operasional perusahaan dan meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Dengan meningkatnya kualitas pelayanan yang lebih cepat tentunya akan menambah kepuasan dan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan keuntungan yang didapat oleh perusahaan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73032
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
-Surya Adi Pranata cover 123.pdf765.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools