Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72976
Title: PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU MENERUS DENGAN TULANGAN JALAN M.H. THAMRIN KAB. JEMBER, PROV. JAWA TIMUR
Authors: Hasanuddin, Akhmad
Nurtanto, Dwi
Handayani, Lestari
Keywords: Perkerasan Kaku
Issue Date: 29-Jan-2016
Abstract: Perkerasan Kaku (rigid pavement) atau lebih dikenal sebagai perkerasan beton semen, merupakan suatu susunan konstruksi perkerasan dengan bahan baku agregat dan semen sebagai pengikatnya. Satu lapis beton semen mutu tinggi (sesuai kelasnya) pada konstruksi ini merupakan konstruksi utama.(Anas Aly, 2004), yang diletakkan diatas pondasi atau langsung diatas subgrade. Tahapan pelaksanaan penelitian ini yaitu mengambil data primer di lapangan yaitu CBR tanah dengan menggunakan dynamic cone penetrometer dan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) dengan pengamatan di lapangan selama satu hari. Hasil data digunakan untuk menghitung jumlah sumbu kendaraan niaga (JSKN) dan CBR tanah dasar. Metode perhitungan menggunakan Metode Bina Marga 2003. Nilai JSKN dan CBR tanah efektif dimasukkan ke dalam kurva perencanaan. Dari hasil ini diketahui tegangan ekivalen dan faktor erosi. Masing-masing nilai dilakukan interpolasi dari tebal plat beton yang direncanakan. Kemudian menghitung penulangan yang dibutuhkan pada perkerasan kaku. Dari hasil perhitungan CBR tanah dasar dan lalu lintas harian rata-rata (LHR) didapat tebal perkerasan kaku 230 mm. Dengan tulangan memanjang diameter 19 mm jarak 110 mm, tulangan melintang diameter 16 jarak 110 mm, dowel menggunakan diameter 32 mm jarak 300mm dan tie bar menggunakan diameter 16 mm jarak 900 mm.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72976
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lestari Handayani cover 123.pdf736.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools