Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/727
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HANDOKO | - |
dc.date.accessioned | 2013-07-24T07:09:55Z | - |
dc.date.available | 2013-07-24T07:09:55Z | - |
dc.date.issued | 2013-07-24 | - |
dc.identifier.nim | NIM050210301215 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/727 | - |
dc.description.abstract | Proses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP Negeri 1 Puger. Agar siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS (ekonomi). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar adalah model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Puger semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Puger semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan jumlah subjek penelitian menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Puger dalam proses pembelajaran IPS (ekonomi). Analisis keaktifan siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan dari kategori kurang aktif menjadi sangat aktif. Hal tersebut dibuktikan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sebesar 66,32% menjadi 80,35% pada siklus 2. Dan peningkatan hasil belajar yaitu dari siklus 1 sebesar 73,68% menjadi 84,21% pada siklus 2. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 050210301215; | - |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Pokok Bahasan Pasar Kelas VIII A Semester Gasal di SMP Negeri 1 Puger Tahun Ajaran 2011/2012) | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Handoko_1_17.pdf | 231.12 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools