Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72733
Title: HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN POLI KIA/KB DENGAN DERAJAT KESEHATAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS KABUPATEN JEMBER
Authors: Astuti, Ida Srisurani Wiji
Sugiyanta
Putri, Kunthi Kencana Makayasa
Keywords: KUALITAS PELAYANAN
DERAJAT KESEHATAN
Issue Date: 28-Jan-2016
Abstract: Kualitas pelayanan bisa diartikan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan harapan pengguna layanan. Kualitas pelayanan terdapat lima dimensi yaitu reliability, empathy, assurance, responsiveness, dan tangiable. Pelayanan di Poli KIA/KB meliputi pelayanan ibu hamil, ibu melahirkan, ibu menyusui, bayi, balita, dan anak prasekolah. Derajat kesehatan ibu dan anak adalah faktor penting dalam pembangunan bangsa. Sebagai tolak ukur keberhasilan kesehatan ibu dan anak, maka indikator terpenting untuk menilai kualitas pelayanan adalah dengan melihat Angka kematian ibu dan bayi di wilayah tersebut. Di Jember kasus kematian ibu dan bayi cukup tinggi dan salah satu faktor penyebab masih tingginya AKI dan AKB di Jember adalah kualitas pelayanan yang masih belum optimal, khususnya pelayanan antenatal. Puskesmas Jember Kidul adalah puskesmas dengan AKI dan AKB yang tergolong rendah, sedangkan Puskesmas Sukowono termasuk puskesmas dengan AKI dan AKB yang tergolong tinggi. Oleh karena itu, diperlukan kajian mengenai kualitas pelayanan di Puskesmas Kabupaten Jember, khususnya Puskesmas Jember Kidul dan Puskesmas Sukowono. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Poli KIA/KB dengan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di Poli KIA/KB Puskesmas Jember Kidul dan Puskesmas Sukowono dengan menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan metode consecutive sampling dan jumlah respondennya 144 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer untuk mengetahui kualitas pelayanan dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder untuk mengetahui jumlah kematian ibu dan bayi guna menilai derajat kesehatan ibu dan anak. Data tersebut di uji normalitasnya menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan hasil signifikansi (p=0,000) dan uji Spearman’s Rho dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,690. Berdasarkan hasil penelitian, skor kualitas pelayanan Poli KIA/KB Puskesmas Jember Kidul sebesar 81,11, artinya masuk dalam kategori baik, dan skor kualitas pelayanan Poli KIA/KB Puskesmas Sukowono sebesar 60,60, artinya masuk dalam kategori cukup baik . Sedangkan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Jember Kidul termasuk tinggi dan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Sukowono termasuk rendah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayan Poli KIA/KB dengan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Kabupaten Jember dengan korelasi kuat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72733
Appears in Collections:UT-Faculty of Medical

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
-Kunthi Kencana Makayasa Putri _cover 123.pdf1.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools