Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72726
Title: SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PERUBAHASAN STATUS PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (Studi Kasus: PT. Herona Express Jember)
Authors: Slamin
Retnani, Windi Eka Yulia
Alfiraningrum, Adinda Trisna
Keywords: REKOMENDASI PERUBAHAN STATUS PELANGGAN
Issue Date: 28-Jan-2016
Abstract: Persaingan antar kompetitor yang bergerak di bidang pengiriman barang melalui kereta api secara tidak langsung menuntut para pesaing bisnis dan penyedia jasa untuk selalu menciptakan inovasi baru agar menjadi lebih unggul. Pelanggan merupakan salah satu aset perusahaan yang harus dikelola dengan baik agar tidak pindah ke kompetitor lain. Salah satu cara mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan khusus pada tingkatan pelanggan tertentu. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat merekomendasikan perubahan status pelanggan dan saran berdasarkan track record transaksi pelanggan secara akurat sehingga dapat membantu perusahaan untuk memberikan pelayanan dengan lebih tepat dan efisien. Prediksi rekomendasi perubahan status pelanggan yang diterapkan dalam sistem ini menggunakan analisis RFM (Recency, Frequency dan Monetary) dan Data Mining Classification Algoritma C4.5. Model prediksi tersebut akan menentukan kelas suatu pelanggan dan memberikan prediksi. Perhitungan prediksi tersebut menggunakan Algoritma C4.5 yang menghasilkan rule untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar prediksi. Hasil dari penelitian ini adalah prediksi rekomendasi suatu pelanggan berdasarkan pola track record transaksi pelanggan sebelumnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72726
Appears in Collections:UT-Faculty of Pharmacy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
-Adinda Trisna Alfiraningrum cover 123.pdf822.97 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools