Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72573
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Rahayu | - |
dc.contributor.advisor | Zahroul F, Chumi | - |
dc.contributor.author | Mulyono, Edi | - |
dc.date.accessioned | 2016-01-27T05:49:10Z | - |
dc.date.available | 2016-01-27T05:49:10Z | - |
dc.date.issued | 2016-01-27 | - |
dc.identifier.nim | 110210204123 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72573 | - |
dc.description.abstract | Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS adalah metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Sumberlesung 04 Jember, diketahui bahwa guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep IPS yang diajarkan, yang terlihat dari rendahnya nilai hasil belajar siswa. Mengatasi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, diperlukan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS. Salah satunya ialah dengan menerapkan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran. Penggunaan pendekatan sains teknologi masyarakat ini siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena pendekatan ini dapat menghubungkan materi yang dibahas di dalam kelas dengan situasi nyata di luar kelas yang berkaitan dengan perkembangan teknologi serta situasi sosial kemasyarakatan, sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui pendekatan sains teknologi masyarakat pada pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Sumberlesung 04 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Sumberlesung 04 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 04 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama sebanyak tiga pertemuan dan siklus kedua sebanyak dua pertemuan. Pelaksanaan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04 berjalan lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum tindakan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 34,23% dengan kategori kurang aktif, pada siklus I mengalami peningkatan sehingga menjadi 64,36% dengan kategori aktif. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sehingga menjadi 75,19% dengan kategori aktif. Skor rata-rata hasil belajar pada prasiklus sebesar 55,08 dengan kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 59,62 dengan kategori cukup. Siklus II juga mengalami peningkatan skor rata-rata hasil belajar menjadi 70,08 dengan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Sumberlesung 04 Jember. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru SD yang mempunyai permasalahan mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa dapat menggunakan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat sebagai alternatif pemilihan pendekatan pembelajaran. Saran untuk peneliti yang lain, jika melaksanakan PTK harap dilakukan dengan benarbenar mengamati segala indikator aktivitas belajar yang ditunjukkan oleh siswa sesuai dengan pedoman yang telah dibuat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT | en_US |
dc.subject | AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DI SDN SUMBERLESUNG 04 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Edi Mulyono cover 123.pdf | 539.81 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools