Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72439
Title: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM 1 JEBUNG KIDUL BONDOWOSO
Authors: Muchtar, Imam
Sihono
Mayangsari, Sistri Ayu
Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN
Issue Date: 27-Jan-2016
Abstract: Observasi awal pada tindakan pendahuluan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn tergolong cukup aktif dengan skor secara klasikal sebesar 44.83 dimana dari 33 siswa terdapat 1 siswa tergolong sangat aktif, 6 siswa tergolong aktif, 7 siswa tergolong cukup aktif, dan 19 siswa tergolong kurang aktif dan 0 siswa tergolong sangat kurang aktif. Sedangkan skor hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 65,63, dimana dari 33 siswa terdapat 7 siswa mendapat skor sangat baik, 12 siswa mendapat skor baik, 2 siswa mendapat skor cukup baik, 12 siswa mendapat skor kurang baik, dan 0 siswa mendapat skor sangat kurang baik. Hal tersebut dikarenakan penerapan metode yang kurang menarik sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi kelas V di MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah. penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi kelas V di MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perubahan dalam pembelajaran yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here. Strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here merupakan strategi yang memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai pengajar (guru) bagi teman-temannya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72439
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sistri Ayu M cover 123.pdf536.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools