Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72274
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI
Authors: Waluyo, Joko
Fikri, Kamalia
Hertinaningtyas, Lovieana
Keywords: Guide Note Taking (GNT)
Think Pair Share (TPS)
Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi
Issue Date: 25-Jan-2016
Abstract: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara cepat sangat berpengaruh besar terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan kemajuan tersebut membawa pengaruh di sekolah – sekolah, terutama bidang kurikulum. Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun serta disiplin yang tinggi. Berbagai macam model pembelajaran ditawarkan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diantaranya adalah model pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share. Guided Note Taking merupakan salah satu model pembelajaran active learning yang dipilih untuk membantu penyampaian materi ajar dengan menggunakan hand out dengan menyimpulkan poin-poin penting dari sebuah pelajaran yang disampaikan dengan ceramah. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah salah satu model pembelajaran yang cukup efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa karena siswa dituntut untuk melakukan aktivitas yang lebih banyak saat belajar. Think Pair Share (TPS) memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (a) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guide Note Taking (GNT) dan Think Pair Share (TPS) terhadap aktivitas belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Jember; (b) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guide Note Taking (GNT) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Jember. Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Waktu penelitian dilaksanakan pada 28 November 2014 – 5 Desember 2014 semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas memuat aspek afektif dan aktivitas motorik siswa yang dimuat menjadi satu pada saat penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share, sedangkan hasil belajar diwujudkan dalam bentuk nilai pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis ANAKOVA untuk menunjukkan pengaruh yang signifikan (F=6,39, db=1, p=0,01) dalam penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share pada materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Jember. Adapun metode uji t (independent sample t-test) untuk menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share pada materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72274
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lovieana Hertiningtyas - 100210103047.pdf3.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools