Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72009
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Setiawan, Toto’ Bara | - |
dc.contributor.advisor | Kristiana, Arika Indah | - |
dc.contributor.author | Nurandari, Devira Ayu | - |
dc.date.accessioned | 2016-01-22T06:25:28Z | - |
dc.date.available | 2016-01-22T06:25:28Z | - |
dc.date.issued | 2016-01-22 | - |
dc.identifier.nim | 100210101028 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72009 | - |
dc.description.abstract | Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan program kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia mengenai penerimaan peserta didik baru untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Soal PPDB sebagai alat penyeleksi yang bertujuan untuk menyaring peserta didik baru yang mempunyai kemampuan tinggi agar dapat mengikuti proses pembelajaran pada jenjang berikutnya, soal PPDB harus mewakili berbagai kemampuan tingkat kognitif, seperti mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Selain tingkat kognitif, hal lain yang perlu diperhatikan adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda dari soal tersebut sehingga akan diketahui kualitas dari soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif dan kualitas soal matematika pada seleksi PPDB SMA/SMK tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Kabupaten Jember. Objek dari penelitian ini adalah naskah soal matematika pada seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Kabupaten Jember. Soal matematika pada seleksi PPDB tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 masing-masing terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Soal matematika diklasifikasi dan diujikan pada siswa SMP kelas IX. Penentuan tempat tes dilakukan dengan purposive sampling area. SMP yang dipilih adalah SMP Negeri 3 Jember, SMP Negeri 7 Jember, dan SMP Negeri 13 Jember yang mewakili tiga kategori sekolah dengan siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan kurang. Selanjutnya, pada masing-masing sekolah dipilih satu kelas sebagai kelas yang akan melaksanakan tes. Penelitian terbagi menjadi dua langkah, yaitu 1) mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kognitif sesuai revisi taksonomi Bloom, dan 2) mengukur karakteristik soal. Klasifikasi dimulai dengan mengumpulkan soal matematika pada seleksi PPDB, membuat tabel klasifikasi, melakukan analisis data, dan menarik kesimpulan. Adapun untuk mengukur karakteristik soal dimulai dengan mengumpulkan soal beserta kunci jawaban, menyusun tabel perhitungan, mengujikan soal, melakukan analisis data hasil tes, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil klasifikasi dan analisis soal matematika pada seleksi PPDB SMA/SMK tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Kabupaten Jember diperoleh informasi tentang tingkat kognitif soal dan karakteristik soal. Tingkat kognitif kedua soal tersebut sama tetapi pendistribusian nomor soalnya berbeda, yaitu berada pada level mengaplikasikan (C3) dan menganalisis (C4) dengan proporsi 63,3% dan 36,7%. Proporsi tingkat kognitif tersebut belum dapat dikatakan baik karena tidak terdapat butir soal dengan tingkat kognitif mengevaluasi (C5). Soal PPDB tahun ajaran 2012/2013 memiliki validitas yang kurang baik dengan kategori 6,7% tinggi, 40% sedang, 40% rendah, dan 13,3% sangat rendah. Nilai reliabilitasnya sudah baik yaitu 0,79. Proporsi tingkat kesukaran soalnya sudah baik yaitu 33,3% sukar, 60% sedang, dan 6,7% mudah. Perbandingan daya pembeda soal yaitu 16,7% sangat baik, 26,7% baik, 20% cukup, 30% buruk, dan 6,7% sangat buruk. Sedangkan soal PPDB tahun ajaran 2013/2014 memiliki validias yang juga kurang baik dengan kategori 3,3% sangat tinggi, 26,7% tinggi, 16,7% sedang, 23,3% rendah, dan 30% sangat rendah. Nilai reliabilitasnya sudah baik yaitu 0,61. Proporsi tingkat kesukaran soalnya belum baik yaitu 50% sukar, 50% sedang, dan 0% mudah. Perbandingan daya pembeda soal yaitu 23,3% sangat baik, 23,3% baik, 23,3% cukup, 16,7% buruk, dan 13,3% sangat buruk. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Deskriptif | en_US |
dc.subject | Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru | en_US |
dc.title | ANALISIS DESKRIPTIF SOAL MATEMATIKA PADA SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA/SMK TAHUN AJARAN 2012/2013 DAN 2013/2014 KABUPATEN JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Devira Ayu Nurandari cover 123.pdf | 689.24 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools