Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72006
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSukidin-
dc.contributor.authorSALEHODIN, MOHAMMAD-
dc.date.accessioned2016-01-22T06:18:41Z-
dc.date.available2016-01-22T06:18:41Z-
dc.date.issued2016-01-22-
dc.identifier.nim070210274057-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72006-
dc.description.abstractProses belajar mengajar di SDN Jembringin I Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala, metode pembelajaran yang belum sesuai dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) belum dicapai maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas III untuk pokok bahasan “uang” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Hasil belajar siswa rata-rata 51 di bawah KKM yang telah di tentukan Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pemahaman SISWA TENTANG UANG giral mata pelajaran IPS kelas III SDN Jembringin I Kec. Proppo Kabupaten Pamekasan (2) Untuk mengetahui pemahaman SISWA TENTANG UANG giral dengan metode demonstrasi mata pelajaran IPS kelas III SDN Jembringin I Kec. Proppo Kab. Pamekasan. Lokasi penelitian yang digunakan adalah SD negeri Jembringin I Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Jumlah subjek sebanyak 34 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 19 Perempuan. Peningkatan kemampuan siswa kelas III SDN Jembringin I Kecamatan Proppo Kabupaten Pame4kasan pada pembelajaran uang giral dengan menggunakan metode demontrasi tersebut dapat dilihat dari penigkatan hasil belajar siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hal ini dibuktikan bahwa Pada siklus I setelah diterapkan tindakan siswa yang tuntas berjumlah 33 siswa (76,7%) dan siswa yang mencapai nilai < 65 berjumlah 10 siswa (23,3%) sedangkan pada siklus II Siswa yang mencapai nilai tes akhir > 65 (batas ketuntasan belajar) juga meningkat dari 33 siswa (76,7%) menjadi 40 siswa (93%). Ini berarti bahwa hasil perbaikan pembelajaran siklus II dapat dikatakan tuntas. Dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demontrasi memberikan dampak positif bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Jembringin I Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan pada materi uang giral Dari hasil peneltian dapat diambil hikamah bahwa pembelajaran dengan cara memberikan pengalaman langsung pada siswa, misalnya siswa diajak untuk mencari dan menemukan sendiri sumber dan penyebab timbulnya masalah. Sehingga saran yang disampaikan siswa tepat sasaran dapat mempercepat proses belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectUANG GIRALen_US
dc.subjectMETODE DEMONSTRASIen_US
dc.subjectMATA PELAJARAN IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG UANG GIRAL MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN JEMBRINGIN I KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MOHAMMAD SALEHODIN cover 123.pdf840.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools