Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71939
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut-
dc.contributor.advisorMaryani-
dc.contributor.authorAGUSTIN, DUDELIANY JUWITA-
dc.date.accessioned2016-01-22T02:04:32Z-
dc.date.available2016-01-22T02:04:32Z-
dc.date.issued2016-01-22-
dc.identifier.nim100210102002-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71939-
dc.description.abstractPendidikan adalah salah satu elemen penting dalam memajukan suatu bangsa. Perkembangan dan kemajuan di segala bidang ditentukan oleh keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus dilakukan dengan usaha sadar manusia atas dasar dan tujuan yang jelas, ada tahapan serta komitmen bersama didalam proses pendidikan. Fisika adalah ilmu pengetahuan yang paling mendasar karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda. Karena itu fisika dipelajari sejak mengenyam pendidikan sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami konsep fisika. Model yang sesuai dalam pembelajaran fisika adalah model pembelajaran yang kontekstual. Penggunaan bahan ajar yang tepat dapat meningkatkan konsep fisika. Akan tetapi, dalam proses belajar mengajar fisika di SMPN 2 Balung belum menerapkan pembelajaran kontekstual secara maksimal dan bahan ajar yang digunakan berupa LKS, sehingga aktivitas dan hasil belajar fisika siswa cenderung rendah. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian mengenai penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA Fisika di SMP. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS berbasis multirepresentasi, dan (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Balung. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada kelas eksperimen adalah 80,5% jika di konsultasikan pada kriteria aktivitas belajar siswa, aktivitas belajar siswa selama menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS berbasis Multirepresentasi tergolong aktif. Hasil analisis Independent-Sample Ttest untuk menguji perbedaan hasil belajar fisika siswa menggunakan model PBM disertai LKS berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran langsung diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0,000. Karena Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, maka Ha diterima, sehingga nilai rata-rata aktivitas belajar fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan model PBM disertai LKS berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan PBM disertai LKS berbasis Multirepresentasi termasuk dalam kategori aktif yaitu sebesar 81,5%, dan (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa saat menggunakan model PBM disertai LKS berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran langsung.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Masalah (PBM)en_US
dc.subjectMultirepresentasien_US
dc.subjectLKSen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dudeliany Juwita Agustin.pdf500.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools