Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71404
Title: KONSTRUKSI ESTETIS POLA KONSUMSI PADA IKLAN TELEVISI “OREO”
Authors: Hasan, Renta Vulkanita
r Rozi, Romdhi Fatkhu
Mufid, Ahmad
Keywords: Iklan
Semiotika
Pola Konsumsi
Estetis
Issue Date: 13-Jan-2016
Abstract: Iklan televisi merupakan iklan yang mendukung televisi sebagai media penyiaran publik, terutama segala aspek yang berhubungan dengan promosi. Sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi rating acara pada stasiun televisi tersebut. Ada hal menarik terhadap iklan televisi yaitu unsur yang dibangun terkait pola konsumsi yang diberikan pada penonton selaku konsumen terakhir. Berdasarkan fenomena yang dipandang cukup menarik untuk dikaji tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui adanya konstruksi estetis pada salah satu iklan produk makanan Oreo yang dipandang cukup fenomenal dalam mempengaruhi pola konsumsi penonton. Aspek-aspek yang membangun konstruksi antara lain adalah unsur-unsur visual, narasi, dan unsur audio yang manjadi kesatuan yang harmonis secara estetis. Kajian yang relevan untuk membedah kosntruksi estetis iklan televisi produk makanan Oreo ini adalah kajian estetis yang diposisikan sebagai grand teori dan didukung dengan model analisis semiotik Christian Metz dalam konteks wacana kritis. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kajian ini adalah dibuktikannya beberapa unsur terkait visual, naratif, dan audio yang secara konstruktif membentuk pola konsumsi yang memperkuat ideologi estetis pada iklan televisi
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71404
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ahmad Mifid - 110110401020.pdf3.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools