Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71398
Title: PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI SUMBERLESUNG 01 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010
Authors: Dafik
Latief, Misno A
Budiawan, Sujud
Keywords: NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
Issue Date: 13-Jan-2016
Abstract: Aktivitas siswa dalam belajar yang kurang pada mata pelajaran matematika akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, sehingga kurang membangkitkan semangat belajar siswa. Penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktifitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi pecahan melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas V SD Negeri Sumberlesung 01 Ledokombo Kabupaten Jember tahun ajaran 2009/2010; (2) mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas V SD Negeri Sumberlesung 01 Ledokombo Kabupaten Jember tahun ajaran 2009/2010; (3) mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas V SD Negeri Sumberlesung 01 Ledokombo Kabupaten Jember tahun ajaran 2009/2010. ix Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sumberlesung 01. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 16 Februari 2010 sampai dengan 06 Maret 2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan operasi bilangan pecahan terlaksana dengan lancar. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pembelajaran. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 64,00% pada pembelajaran I dan meningkat menjadi 74,13% pada pembelajaran II di siklus I, 75,73% pada pembelajaran III dan meningkat menjadi 81,60% pada pembelajaran IV siklus II. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa siswa yang sulit berinteraksi dengan teman-temannya, kurang berpartisipasi dan cenderung pasif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68% dan mencapai 84% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikalnya tercapai pada siklus II  75%, yaitu 84%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan bilangan pecahan. Penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta bekerja sama dengan teman kelompoknya sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71398
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
0 Hal Depan Sujud Budiawan.pdf298.41 kBAdobe PDFView/Open
1. BAB 1 Sujud Budiawan.pdf217.14 kBAdobe PDFView/Open
2. BAB 2 Sujud Budiawan.pdf339.68 kBAdobe PDFView/Open
3. BAB 3 Sujud Budiawan.pdf246.2 kBAdobe PDFView/Open
5. BAB 5 Sujud Budiawan.pdf208.79 kBAdobe PDFView/Open
6. DAFTAR PUSTAKA Sujud Budiawan.pdf205.3 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools