Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71372
Title: MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI LKS MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 2 JEMBER
Authors: Indrawati
Harijanto, Alex
YUSTIKA, NIA
Keywords: GENERATIVE LEARNING
Issue Date: 13-Jan-2016
Abstract: Fakta di SMK Negeri 2 Jember menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rendah dan hasil belajar fisika siswa banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 2 Jember disebabkan karena hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi serta penggunaan media pembelajaran yang kurang merata. Rendahnya hasil belajar di kelas disebabkan kurangnya minat siswa untuk belajar fisika, siswa jarang melakukan kegiatan praktikum, kurangnya variasi model dan metode serta soal-soal dan LKS yang diberikan masih menekankan pada konsep verbal dan matematis sehingga berdampak pada kemampuan multirepresentasi fisika siswa yang masih rendah. Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan guru fisika di SMK Negeri 2 Jember. Berdasarkan uraian di atas maka diadakan penelitian dengan judul model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Independent- Sample T-test dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua. Untuk menguji hipotesis 1 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada pertemuan 1, 2, dan 3. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga pvalue sebesar 0.000 pada pertemuan 1, 2 dan 3. Karena Sig. (1-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Untuk menguji hipotesis 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada kemampuan verbal, matematis dan gambar serta pada kemampuan grafik sebesar 0.007. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1- tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0.000 pada kemampuan verbal, matematis dan gambar serta 0.0035 pada kemampuan grafik nilai tersebut lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan multirepresentasi siswa di SMK Negeri 2 Jember. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. (2) Model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71372
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NIA YUSTIKA - 110210102085_Part1.pdf930.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools