Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71370
Title: PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN TEGAL GEDE 03 JEMBER
Authors: Mardiati, Yayuk
Irvan, Muhtadi
Kusumawardhani, Nellya Algha
Keywords: MODEL PROBLEM-BASED LEARNING
Issue Date: 13-Jan-2016
Abstract: IPS adalah mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi yang menekankan pada perilaku sosial. Perilaku tersebut dapat diamati melalui aktivitas yang dilakukan selama pembelajaran. Aktivitas peserta didik tersebut dikelas seringkali kurang aktif. Aktivitas yang rendah selama pembelajaran berlangsung juga menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti, guru masih menggunakan metode ceramah seperti di SDN Tegal Gede 03 Jember. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah yaitu diperoleh dari data observasi aktivitas belajar siswa pra siklus dengan persentase 32.2 dan termasuk dalam kategori kurang aktif serta dari data skor hasil belajar pra siklus sebesar 52 dengan kriteria kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran problem-based learning. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model problem-based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal permasalahan sosial di SDN Tegal Gede 03 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan penerapan model problem-based learning dalam pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal permasalahan sosial melalui di SDN Tegal Gede 03 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 Jember yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 03 Jember, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil skor rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus skor rata-rata sebesar 32.2 dengan kriteria kurang aktif, meningkat menjadi 62.6 pada siklus 1 dengan kriteria aktif, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 78 dengan kriteria aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 52 dengan kriteria kurang baik, sedangkan pada siklus 1 skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 69 dengan kriteria cukup baik, dan pada siklus 2 skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 80.76 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model problem-based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal permasalahan sosial pada siswa kelas IV di SDN Tegal Gede 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Saran untuk SDN Tegal Gede 03 Jember, agar pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan maka guru-guru di SDN Tegal Gede 03 Jember supaya menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi. Saran untuk peneliti lain yaitu supaya menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran yang sejenis problem-based learning sebagai bahan referensi untuk penelitian berikutnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71370
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nellya Algha Kusumawardhani - 110210204097_Part1.pdf581.31 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools