Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71355
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sulthon, M. | - |
dc.contributor.advisor | Mardiati, Yayuk | - |
dc.contributor.author | Hardiyanti, Fafa Fadilah Putri | - |
dc.date.accessioned | 2016-01-13T06:55:58Z | - |
dc.date.available | 2016-01-13T06:55:58Z | - |
dc.date.issued | 2016-01-13 | - |
dc.identifier.nim | 110210204070 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71355 | - |
dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD masih berpusat kepada guru (teacher centered). Kondisi tersebut mengakibatkan siswa cepat merasa bosan dalam menerima pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah dan siswa kurang mampu menerapkan konsep-konsep yang telah mereka pelajari untuk digunakan dalam memecahkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan seharihari. Penerapan metode problem solving berbantuan media video merupakan salah satu solusi agar pembelajaran IPS menjadi lebih bermakna. Melalui penerapan metode problem solving berbantuan media video, siswa dapat memperoleh pengalaman belajar dari tampilan video yang memberikan gambaran secara jelas tentang permasalahan yang akan dipecahkan melalui kegiatan diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode problem solving berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Kertosari 01 Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode problem solving berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Kertosari 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Jember dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember yang terdiri dari kelas IVA dan IVB yang berjumlah 58 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai UTS mata pelajaran IPS. Uji homogenitas dilakukan dengan menghitung secara manual dan menggunakan program SPSS versi 16.00 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t diperoleh harga . Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 2,0024. Dapat diketahui bahwa hasil < yaitu -0,476 < 2,0024. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVA dan IVB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Berdasarkan hasil pengundian, kelas IVA sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran tanpa menggunakan metode problem solving berbantuan media video (pembelajaran konvensional), sedangkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode problem solving berbantuan media video. Data yang dianalisis berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (IVB) dan kelas kontrol (IVA). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menghitung secara manual dan menggunakan program SPSS versi 16.00 dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil yaitu , hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan Berdasarkan analisis tersebut diperoleh > yaitu > 2,0024, dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan metode problem solving berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Kertosari 01 Jember. Metode problem solving berbantuan media video ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru sebagai salah satu metode dan media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan melatih siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengembangkan penelitian sejenis. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | METODE PROBLEM SOLVING | en_US |
dc.title | PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI SDN KERTOSARI 01 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Fafa Fadilah Putri Hardiyanti - 110210204070_Part1.pdf | 682.86 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools