Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71351
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Rahayu | - |
dc.contributor.advisor | Zahroul F, Chumi | - |
dc.contributor.author | Prastyani, Elinda | - |
dc.date.accessioned | 2016-01-13T06:49:51Z | - |
dc.date.available | 2016-01-13T06:49:51Z | - |
dc.date.issued | 2016-01-13 | - |
dc.identifier.issn | 110210204080 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71351 | - |
dc.description.abstract | Pada proses pembelajaran sering kali guru mendapatkan kendala jadi diharapkan guru untuk menggunakan metode-metode pembelajaran yang lebih bervariasi, sehingga siswa merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran hendaknya dipilih sesuai dengan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan metode yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan Metode Permainan Tebak Kata berbantuan Media Gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini “bagaimanakah penerapan metode permainan tebak kata berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS melalui penerapan metode permainan tebak kata berbantuan media gambar pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember semester ganjil tahun pelajran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 03 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pembelajaran IPS melalui Penerapan metode permainan tebak kata berbantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui penerapan Metode Permainan Tebak Kata Berbantuan Media Gambar mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh observer, motivasi siswa pra siklus sebesar 48,1% meningkat pada siklus I sebesar 57,65% meningkat lagi menjadi 68,45% pada siklus II. Artinya motivasi siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55%, sedangkan dari silus I ke siklus II meningkat sebesar 10,8%.Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus sebesar 56,5 meningkat menjadi 71,8pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 78 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Metode Permainan Tebak Kata Berbantuan Media Gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan Metode Permainan Tebak Kata Berbantuan Media Gambar dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkatsertahasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya bagi peneliti lain. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | METODE PERMAINAN TEBAK KATA | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN WILAYAH DAN PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA DI SDN KARANGREJO 03 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Elinda Prastyani - 110210204080_Part1.pdf | 484.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools