Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/7104
Title: MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 1 SITUBONDO MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
Authors: Irfia Fitroh Riyadhini
Keywords: MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA, STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Issue Date: 10-Dec-2013
Series/Report no.: 070210402044;
Abstract: Salah satu anggapan bahwa setiap orang dengan sendirinya dapat berbicara telah menyebabkan pembinaan kemampuan berbicara sering diabaikan. Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbicara belum sepenuhnya sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dalam proses pembelajaran menyampaikan pendapat melalui forum diskusi di kelas. Dalam pembelajaran tersebut belum terlihat adanya interaksi yang aktif secara menyeluruh baik antara guru dengan siswa maupun kerja sama antarsiswa. Kegiatan diskusi lebih didominasi oleh siswa yang pandai dan memiliki keterampilan berbicara yang baik dibanding siswa lain. Kesulitan berbicara siswa terletak pada kurangnya rasa percaya diri siswa untuk berbicara dalam situasi formal khususnya tampil di depan kelas. Biasanya dalam hal ini sering timbul rasa gugup, sehingga gagasan yang dikemukakan menjadi tidak teratur dan akhirnya bahasannya pun menjadi tidak teratur. Strategi pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Model Pembelajaran ini lebih memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk memahami materi pelajaran baik secara berkelompok maupun individual sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan adalah (1) bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi ix siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo?, (2) bagaimanakah keterampilan berdiskusi siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo setelah diterapkan pembelajaran dengan strategi kooperatif model Numbered Heads Together (NHT)?. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) penerapan strategi strategi pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo (2) peningkatan keterampilan berdiskusi siswa siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo setelah diterapkan pembelajaran dengan strategi kooperatif model Numbered Heads Together (NHT).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7104
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Irfia Fitroh Riyadhini_001.pdf90.87 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools