Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/70875
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWahyuni, Dwi-
dc.contributor.advisorPujiastuti-
dc.contributor.authorUswati, Ari Firda-
dc.date.accessioned2016-01-11T00:58:07Z-
dc.date.available2016-01-11T00:58:07Z-
dc.date.issued2016-01-11-
dc.identifier.nim020210103243-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70875-
dc.description.abstractKompetensi Dasar yang ingin dicapai dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) termasuk Biologi di Sekolah Menengah Pertama adalah menekankan pada penguasaan konsep dan saling keterkaitanya untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Pembelajaran Biologi konsep lingkungan merupakan pokok bahasan yang luas dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan Model Pembelajaran yang dapat mempermudah siswa berperan aktif dan merasa senang bekerja dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di sekitarnya, Penelitian terdahulu menyatakan bahwa efektivitas hasil belajar siswa pembelajaran Round Table disertai Problem Posing terhadap pembelajaran Advance Organizer pada ranah kognitif meningkat sebesar 16,42 %, ranah afektif 63,47 % dan ranah psikomotorik sebesar 53,11 % (Rahayu: 2004). Hasil tersebut perlu dikembangkan dengan melakukan penambahan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu media yang menarik tersebut adalah VCD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Round Table disertai Problem Posing dengan media VCD dan untuk mengukur tingkat ketuntasan basil belajar siswa setelah diajar dengan model Round Table disertai Problem Posing dengan media VCD. Penelitian ini pada bulan April sampai dengan Mei 2006 di SMP negeri 3 Jember. Rancangan penelitian menggunakan True Design Eksperimental dengan random terhadap obyek. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Populasi dalam hal ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2005 / 2006.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Round Tableen_US
dc.subjectProblem Posingen_US
dc.subjectMedia VCDen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Model Round Table disertai Problem Posing dengan Media VCD (Mata Pelajaran Biologi Sub Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2005 / 2006)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ari Firda Uswati 020210103243.pdf147.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools