Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/70866
Title: FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PARTISIPASI WARGA BELAJAR DALAM PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Authors: Marijono
Indriati, Deditiani Tri
ROCHMAN, M. TAUFIKI
Keywords: Program Keaksaraan Fungsional
Rendahnya Partisipasi
Issue Date: 8-Jan-2016
Abstract: Partisipasi warga belajar merupakan keikutsertaan warga belajar dalam program keaksaraan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Rendahnya partisipasi warga belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang tergolong dalam faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri warga belajar, seperti: motivasi, pekerjaan, dan usia warga belajar. Selain itu, faktor eksternal ialah jarak tempat pembelajaran dengan rumah warga belajar dan metode pembelajaran yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran. Maka rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti adalah Faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya partisipasi warga belajar dalam program keaksaraan fungsional di Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi warga belajar dalam program keaksaraan fungsional di Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah program Keaksaraan Fungsional yang dilaksanakan di Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik snowball sampling. Jumlah awal informan yakni 5 orang kemudian pada akhirnya berjumlah 11 orang, 9 orang informan kunci dan 2 orang informan pendukung. Sumber data didapat dari informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data tinggi digunakan beberapa teknik pengolah data, yakni perpanjangan waktu penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Haberman yakni reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70866
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. TAUFIKI ROCHMAN - 110210201041_1.pdf552.72 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools