Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/70799
Title: | SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM BUKU TEKS “BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN” KELAS VII SMP EDISI REVISI 2014 |
Authors: | Muti’ah, Arju Husniah, Furoidatul Aminah, Siti Nurul |
Keywords: | Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Buku Teks “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” |
Issue Date: | 8-Jan-2016 |
Abstract: | Buku teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan (buku BIWP) Kelas VII SMP Edisi Revisi 2014 merupakan salah satu buku teks yang digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Sejalan dengan kebijakan kurikulum 2013 yang memberikan perhatian terhadap aspek sikap, disamping aspek kognitif dan psikomotor, seyogyanya buku itu memuat sikap yang dapat dijadikan contoh dalam pembiasaan perilaku tertentu guna membentuk sikap spiritual dan sosial. Kajian sikap spiritual dan sosial pada penelitian ini difokuskan pada teks dan rumusan kegiatan belajar dalam buku itu. Berdasarkan fokus tersebut, terdapat empat rumusan masalah yaitu: 1) bagaimanakah sikap spiritual dalam teks pada buku BIWP?; 2) bagaimanakah sikap sosial dalam teks pada buku BIWP?; 3) bagaimanakah sikap spiritual dalam rumusan kegiatan belajar pada buku BIWP?; dan 4) bagaimanakah sikap sosial dalam rumusan kegiatan belajar pada buku BIWP? Jenis penelitian ini adalah deskriptif-evaluatif dengan rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf yang mengindikasikan memuat sikap spiritual dan sikap sosial pada teks dan rumusan kegiatan belajar dalam buku BIWP. Sumber data dalam penelitian ini adalah: 1) teks dan rumusan kegiatan belajar dalam buku BIWP; 2) Dokumen Permendikbud No. 68 Tahun 2013; 3) Silabus Bahasa Indonesia Kelas VII SMP; dan 4) Buku Panduan Penelilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi data. Sikap spiritual dan sosial dalam teks merupakan sikap penulis teks dan sikap tokoh dalam teks. Sikap tersebut diidentifikasi dari paparan cerita, perilaku tokoh, dan pernyataan penulis teks. Sikap spiritual dan sosial dalam rumusan kegiatan belajar merupakan sikap penulis buku teks. Sikap tersebut diidentifikasi dari pernyataan penulis buku teks dan kalimat penugasan yang bersifat mengarahkan peserta didik kepada perilaku tertentu, sehingga terbentuk sikap spiritual dan sosial. Hasil penelitian menunjukkan, sikap spiritual yang muncul dalam teks adalah sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sikap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial yang muncul adalah sikap tanggung jawab, gotong royong, santun, dan kreatif. Pada rumusan kegiatan belajar, sikap spiritual yang muncul adalah sikap beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial yang muncul adalah sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dan kreatif. Secara umum, sikap spiritual dan sikap sosial dalam teks dan rumusan kegiatan belajar termuat secara implisit. Pada teks belum dilengkapi contoh konkret mengenai perilaku yang mencerminkan sikap spiritual dan sosial, sedangkan pada rumusan kegiatan belajar belum dilengkapi kalimat penegasan mengenai sikap yang akan dibentuk. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran kepada pihak-pihak berikut: 1) mahasiswa disarankan menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam diskusi mata kuliah analisis buku teks; 2) guru hendaknya lebih cermat dalam memilih teks dan rumusan kegiatan belajar pada buku BIWP untuk dikembangkan dalam pembelajaran yang menekankan pembentukan sikap spiritual dan sosial; 3) pemerintah khususnya tim penyusun buku teks hendaknya mempertimbangkan muatan sikap spiritual dan sikap sosial dalam teks dan rumusan kegiatan belajar pada buku BIWP; dan 4) peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih luas, misalnya menganalisis pengintregasian sikap spiritual dan sosial dalam RPP, meneliti implementasi sikap spiritual dan sikap sosial dalam diri peserta didik pada proses pembelajaran. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70799 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Siti Nurul Aminah - 110210402071.pdf | 4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools