Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/70792
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Muti’ah, Arju | - |
dc.contributor.advisor | Husniah, Furoidatul | - |
dc.contributor.author | LESTARI, EKA | - |
dc.date.accessioned | 2016-01-08T06:01:34Z | - |
dc.date.available | 2016-01-08T06:01:34Z | - |
dc.date.issued | 2016-01-08 | - |
dc.identifier.nim | 080210402032 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70792 | - |
dc.description.abstract | Menulis adalah salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa untuk mendukung fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Kegiatan menulis dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran mengarang. Kemampuan menulis seseorang tidak dapat diperoleh secara tiba-tiba, melainkan membutuhkan banyak latihan. Bentuk latihan menulis yang perlu diberikan pada siswa di kelas awal yaitu latihan menulis karangan narasi. Karangan narasi adalah suatu bentuk tulisan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, dan merangkaikan kejadian seseorang dalam sebuah peristiwa secara kronologis. Karangan narasi sugetis merupakan salah satu bentuk latihan menulis karangan narasi yang sesuai untuk siswa kelas VII yaitu dengan menceritakan pengalaman pribadi yang paling mengesankan. Pengembangan peristiwa pada karangan narasi diidentikkan dengan penceritaan (storytelling), karena teknik ini biasanya selalu digunakan untuk menyampaikan sesuatu cerita. Pentingnya penyajian deskripsi pada karangan narasi adalah untuk lebih memperjelas gambaran dan suasana yang ada dalam sebuah cerita. Ejaan pada karangan perlu diperhatikan agar suatu karangan dapat dipahami oleh pembaca. Pemilihan siswa kelas VII SMPN 7 Jember adalah (1) SMPN 7 Jember merupakan sekolah berstandar SNN di Jember, (2) siswa kelas VII SMPN 7 Jember telah mendapat pembelajaran menulis karangan narasi yaitu dengan kompetensi dasar menulis buku harian, dan (3) siswa kelas VII SMPN 7 Jember telah mendapat pembelajaran menulis karangan narasi. Rumusan masalah dan tujuan penelitian yang akan dipaparkan dalam penelitian ini, yaitu untuk menemukan (1)Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam menulis karangan narasi? (a)Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam mengembangkan peristiwa pada menulis karangan narasi? (b)Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam menyajikan deskripsi pada menulis karangan narasi? (c)Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam menggunakan ejaan pada menulis karangan narasi? Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari nilai karangan siswa. Sumber data adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember Tahun ajaran 2012/2013. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa penugasan yang diberikan kepada siswa berupa perintah/tugas menulis karangan narasi dengan tema liburan sekolah. Metode analisis data terdiri atas lima proses kegiatan yaitu: (1) seleksi data, (2) pengkoreksian, (3) penilaian, (4) perhitungan, dan (5) pengkualifikasian. Hasil penelitian ini adalah nilai dari kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember siswa yang memperoleh nilai sangat baik tidak ada, nilai baik ada 9 orang (22,5 %), nilai cukup ada 26 orang (65%), dan nilai kurang ada 5 orang (12,5%). Skor kemampuan rata-rata siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam menulis karangan narasi adalah 68, nilai rata-rata tersebut termasuk kategori cukup. Skor kemampuan siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam mengembangkan peristiwa pada karangan narasi dinilai dari kemampuan mengembangkan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita secara detail adalah 63. Skor kemampuan siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam menyajikan deskripsi pada karangan narasi dinilai dari kemampuan kemampuan menggambarkan suatu objek secara jelas adalah 73. Skor kemampuan siswa kelas VII SMPN 7 Jember dalam menggunakan ejaan pada karangan narasi dinilai dari kemampuan menggunakan ejaan secara tepat adalah 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketiga aspek dalam menulis karangan narasi tergolong dalam kategori cukup. Saran yang dapat diberikan antara lain: (1) bagi guru bahasa Indonesia, dalam mengajarkan keterampilan menulis, diperlukan peningkatkan kemampuan siswa dalam mengarang karangan narasi; (2) bagi siswa, dari hasil penelitian ini hendaknya siswa dapat meningkatkan penggunaan kosakata; (3) Saran bagi peneliti berikutnya, dari hasil penelitian ini hendaknya peneliti lain dapat meningkatkan kualitas menulis siswa dengan bantuan guru bidang studi bahasa Indonesia. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Kemampuan Mengarang | en_US |
dc.subject | Karangan Narasi | en_US |
dc.title | KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Eka Lestari - 080210402032.pdf | 1.61 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools