Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/70631
Title: ANALISIS EKONOMI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS Jahe Gajah
Authors: Lenny Widjayanthi
Djoko Soejono
Endah Widyastuti
Djoko Soejono
Lenny Widjayanthi
Keywords: Usahatani Jahe Gajah, Efisiensi, R/C Ratio, FFA
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Jahe Gajah merupakan komoditas ekspor yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu daerah yang membudidayakan komoditas Jahe Gajah adalah Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan, analisis efisiensi biaya usahatani, analisis regresi berganda, dan Force Field Analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) rata-rata pendapatan petani Jahe Gajah di Desa Pace sebesar Rp 11.834.059,16. Dapat disimpulkan bahwa pendapatan petani Jahe Gajah di Desa Pace adalah menguntungkan; (2) usahatani Jahe Gajah di Desa Pace dapat dinyatakan efisien dengan nilai R/C Ratio sebesar lebih besar dari 1 yaitu 2,67; (3) faktor yang dapat berpengaruh secara nyata terhadap pendapatan petani Jahe Gajah di Desa Pace adalah biaya bibit, biaya tenaga kerja, jumlah produksi Jahe Gajah, dan harga jual Jahe Gajah. Faktor yang tidak berpengaruh secara nyata terhadap pendapatan adalah biaya pupuk dan biaya obat-obatan; (4) strategi fokus yang ditetapkan yaitu dengan membuat dan menetapkan SOP budidaya Jahe Gajah di Kabupaten Jember agar petani dapat membudidayakan dengan baik dan benar, sehingga petani dapat menghasilkan komoditas jahe sesuai standart yang telah ditetapkan dan dapat memanfaatkan peluang pasar ekspor Jahe Gajah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70631
Appears in Collections:SRA-Agriculture And Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ENDAH WIDYASTUTI.pdf410.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.