Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/70152
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorJulian Adam Ridjal-
dc.contributor.advisorAnik Suwandari-
dc.contributor.authorSiti Navisa-
dc.contributor.authorAnik Suwandari-
dc.contributor.authorJulian Adam Ridjal-
dc.date.accessioned2016-01-05T07:07:31Z-
dc.date.available2016-01-05T07:07:31Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70152-
dc.description.abstractUsahatani ubi kayu dilakukan secara berkala dan berkelanjutan di Desa Jambewungu didukung oleh potensi alam yang terdiri dari keadaan tanah dan cuaca yang dapat menghasilkan produk unggulan sebagai bahan dasar untuk membuat tape. Pemasaran yang dilakukan petani ubi kayu melalui 2 cara, yaitu dijual langsung ke pedagang dan dijual langsung pada pembuat tape maupun industri pembuatan tepung tapioka . Sistem pemasaran yang berbeda ini tentunya mengakibatkan biaya dan pendapatan yang didapatkan juga berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Struktur pasar yang terbentuk pada pasar ubi kayu, (2) Perilaku pasar yang terbentuk pada pasar ubi kayu, (3) Keragaan pasar yang dilihat dari saluran pemasaran dan efisiensi pasar di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitik. Analisis data yang digunakan adalah Konsentrasi rasio (Cr), deskriptif kualitatif dengan melihat kegiatan yang tercipta pada lembaga pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur pasar yang terjadi di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso adalah pasar persaingan tidak sempurna yang cenderung mengarah pada sifat monopoli dengan konsentrasi tinggi, (2) perilaku pasar yang terjadi pada pasar ubi kayu yaitu pada penentuan harga lebih banyak ditentukan oleh pedagang dan tidak ada kerjasama antar pedagang, (3) keragaan pasar yang dilihat dari efisiensi pasar menunjukkan bahwa saluran kedua yaitu petani-pedagang-pembuat tape merupakan saluran yang paling efisien.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectUsahatani ubi kayu, SCP (strukture, conduct, performance), Konsentrasi rasio, efisiensi pemasaranen_US
dc.titleANALISIS STRUKTUR DAN PERILAKU SERTA KINERJA PASAR UBI KAYU DI DESAen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Agriculture And Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI NAVISA.pdf172.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.