Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6948
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | N I N G S I H | - |
dc.date.accessioned | 2013-12-09T13:59:11Z | - |
dc.date.available | 2013-12-09T13:59:11Z | - |
dc.date.issued | 2013-12-09 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210274012 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6948 | - |
dc.description.abstract | IPA berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematik, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data bahwa pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kemuningsari Kidul 02 Kecamatan Jenggawah masih mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan hanya menghafal materi yang diberikan oleh guru melalui metode ceramah. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa (konsepsi awal siswa) tersebut telah sesuai dengan informasi baru yang disampaikan guru atau malah sebaliknya. Hasil observasi menunjukkan adanya permasalahan yang timbul akibat penggunaan metode ceramah di kelas IV SDN Kemuningsari Kidul 02 Jenggawah antara lain: siswa tidak berani bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ceramah dari guru, siswa merasa mengantuk saat pemberian materi berlangsung. Menurut hasil wawancara dengan siswa kelas IV, siswa mendapatkan pembelajaran IPA dari ceramah guru di kelas dan tidak pernah melakukan praktik secara langsung, sehingga siswa merasa bosan dalam menerima materi pelajaran karena metode ceramah dianggap monoton dan tidak menarik. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210274012; | - |
dc.subject | Aktivitas dan Hasil Belajar, Problem Based Learning | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PROBLEM BASED LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN KEMUNING SARI KIDUL 02 JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NINGSIH - 100210274012 (2)_1.pdf | 230.43 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools