Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/69431
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEvita Soliha Hani-
dc.contributor.advisorTriana Dewi Hapsari-
dc.contributor.authorNelli Cahya Mitra, Evita Soliha Hani*, Triana Dewi Hapsari-
dc.contributor.authorNelli Cahya Mitra-
dc.contributor.authorEvita Soliha Hani-
dc.contributor.authorTriana Dewi Hapsari-
dc.date.accessioned2015-12-31T02:34:16Z-
dc.date.available2015-12-31T02:34:16Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/69431-
dc.description.abstractKopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peluang pasar cukup besar, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri. Peluang tersebut dapat dilihat dari peringkat kopi Indonesia sebagai pengekspor kopi terbesar ketiga didunia setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia. Sedangkan untuk pasar dalam negeri konsumsi kopi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penguasaan lahan perkebunan kopi di Indonesia didominasi oleh masyarakat yang bermatapencaharian utama sebagai petani kopi atau disebut juga dengan perkebunan kopi rakyat. Jenis komoditas kopi yang banyak diusahakan oleh perkebunan kopi rakyat adalah kopi robusta. Oleh sebab itu kopi rakyat identik dengan jenis kopi yang diusahakan adalah kopi robusta. Penelitian ini dilakukan pada petani kopi rakyat di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember dengan tujuan yaitu: (1) mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi peluang pilihan saluran pemasaran kopi rakyat ; (2) mengetahui efisiensi pemasaran pada masing – masing saluran pemasaran kopi rakyat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitik deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Alat analisis data yang digunakan adalah (1) efisiensi margin pemasaran dan (2) analisis logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor –faktor yang berpengaruh nyata terhadap peluang pilihan saluran pemasaran adalah luas lahan, pendapatan dan penguasaan lahan; (2) margin pemasaran saluran pemasaran 1 (petani – tengkulak – pedagang pengecer – konsumen) adalah Rp 2.322, sedangkan saluran pemasaran 2 (petani – tengkulak – pedagang besar – eksportir) adalah Rp 3.074 dan saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran pemasaran 1.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectEfisiensi Pemasaran, Saluran Pemasaran, Analisis Logiten_US
dc.titleANALISIS PELUANG PILIHAN SALURAN PEMASARAN KOPI RAKYAT DIen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Agriculture And Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NELLI CAHYA MITRA.pdf171.19 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.