Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68948
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisor. Sunarsih-
dc.contributor.advisorTriana Dewi Hapsari-
dc.contributor.authorAyu Estu Utami-
dc.contributor.authorTriana Dewi Hapsari-
dc.contributor.authorSunarsih-
dc.date.accessioned2015-12-28T07:10:00Z-
dc.date.available2015-12-28T07:10:00Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68948-
dc.description.abstractKabupaten Jember merupakan salah satu daerah produsen tebu. Di kabupaten Jember, selain digunakan sebagai bahan baku gula pasir, tebu juga digunakan sebagai bahan baku gula merah tebu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik konsumen gula merah tebu, (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen gula merah tebu, (3) Mengetahui hubungan antara pendapatan dengan jumlah pembelian gula merah tebu. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan menggunakan metode secara sengaja (purposive method) di Kabupaten Jember dengan mengambil sampel di empat pasar tradiisional yaitu Pasar Tanjung, Pasar Arjjasa, Pasar Jenggawah, dan Pasar Bangsalsari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dekriptif dan korelasional. Metode pengambilan contoh menggunakan Convinience Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, analisis faktor dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakeristik konsuen gula merah tebu adalah perempuan (100%), berusia 42-53 tahun (43,75%), mayoritas responden berpendidikan tamat SMA (37,50%), bekerja sebagai ibu rumah tangga (39,58%), memiliki tingkat pendapatan keluarga rendah Rp. 950.000 - Rp. 1.484.000 (50,00%), jumlah pembelian gula merah tebu 100gr (52,08%) dan frekuensi pembelian gula merah tebu kurang dari atau sama dengan sama dengan dua (≤ 2) (87,50%), (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen gula merah tebu ada 2 (faktor) yaitu, faktor 1 meliputi, variabel pendidikan, variabel usia, variabel warna, variabel tekstur, variabel aroma, variabel rasa, variabel kebersihan, dan variabel kandungan gizi, dan faktor 2 meliputi variabel harga dan pendapatan, (3) Tidak ada hubungan nyata antara pendapatan dengan jumlah pembelian gula merah tebu.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectGula Merah Tebuen_US
dc.subjectPerilaku Konsumenen_US
dc.subjectAnalisis Faktoren_US
dc.titlePERILAKU KONSUMEN GULA MERAH TEBUen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Agriculture And Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ayu Estu Utami.pdf154.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.