Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68566
Title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DELILA (DENGAR, LIHAT,
Authors: AT.Hendrawijaya
Deditiani Tri Indrianti
Titis Adi Kristianti
AT.Hendrawijaya
Deditiani Tri Indrianti
Keywords: Metode Pembelajaran Delila
Hasil Belajar Keaksaraan Fungsional
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Metode Pembelajaran Delila merupakan metode yang dirancang untuk pembelajaran keaksaraan utamanya keaksaraan dasar dan memfasilitasi kecenderungan gaya belajar warga belajar yang meliputi dengar, lihat, lakukan. Dalam proses pembelajaran delila diperlukannya hasil belajar untuk mengetahui perilaku yang positif dari warga belajar serta meningkatkan ketrampilan membaca, menulis, berhitung, berbicara dan mendengar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar Keaksaraan Fungsional Anggrek Di Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso.Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional. Manfaat dari penelitian mendukung pengembangan Program Keaksaraan Fungsional. Jenis Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan snowball sampling. Informan kunci yaitu warga belajar dan tutor dan informan pendukung yaitu pamong. Pengolahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian tingkat hubungan antara Metode Pembelajaran Delila dengan Hasil Belajar Keaksaraan Fungsioanal cukup baik, sesuai dengan ranah dengar, lihat, dan lakukan. Dan teknik penilaian hasil belajar keaksaraan fungsional anggrek yaitu tes dan non tes. Kesimpulan pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional anggrek di Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso bisa dikatakan cukup baik, bagi warga belajar yakni mampu menuntaskan proses pembelajaran dari program keaksaraan fungsional dan bebas dari buta aksara. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran dikarenakan gaya belajar tiap individu warga belajar sangat berbeda.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68566
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TITIS ADI KRISTIANTI.pdf247.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.