Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68556
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Muhtadi Irvan | - |
dc.contributor.advisor | Rahayu | - |
dc.contributor.author | Siti Hoiroh | - |
dc.contributor.author | Muhtadi Irvan | - |
dc.contributor.author | Rahayu | - |
dc.date.accessioned | 2015-12-23T02:21:50Z | - |
dc.date.available | 2015-12-23T02:21:50Z | - |
dc.date.issued | 2015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68556 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Berdasarkan tujuan tersebut latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Tanggul Wetan 04 Jember. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember adalah dengan menerapkan strategi peta konsep berbantu media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi peta konsep berbantu media audio visual dapat meningkatkan motivasi siswa kelas IV pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Tanggul Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015?, serta bagaimanakah penerapan strategi peta konsep berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Tanggul Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi peta konsep berbantu audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember mengalami peningkatan. Motivasi siswa pra siklus sebesar 47,62 meningkat pada siklus I sebesar 59,38% meningkat lagi menjadi 70,21% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,45 meningkat menjadi 71,35 pada siklus I. Ratarata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 80,28 pada siklus II. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Strategi peta konsep berbantu media audio visual | en_US |
dc.subject | Pelajaran IPS | en_US |
dc.subject | Penelitian tindakan kelas | en_US |
dc.title | PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP BERBANTU MEDIA | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SITI HOIROH.pdf | 256.37 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.