Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68553
Title: | KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN TEMATIK |
Authors: | Niswatul Imsiyah AT.Hendrawijaya Silvi Liya Kurniawati AT.Hendrawijaya Niswatul Imsiyah |
Keywords: | Pembelajaran tematik Perkembangan Kognitif |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Masa usia dini ini merupakan masa usia keemasan (golden age) yang tidak bisa diulang untuk kedua kalinya. Untuk mengembangkan perkembangan anak usia dini dibutuhkan metode pembelajaran di PAUD. Salah satunya adalah metode pembelajaran tematik yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan secara menyeluruh atau satu-kesatuan. Namun, yang perlu diketahui adalah adakah korelasi antara pembelajaran tematik dengan perkembangan kognitif anak sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui korelasi antara pembelajaran tematik dengan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan analisis data yaitu korelasi tata jenjang di mana data yang akan diperoleh melalui teknik observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi antara pembelajaran tematik dengan perkembangan kognitif anak di PAUD Al-Hidayah Kabupaten Bondowoso. Sehingga, jika peserta didik dapat memahami pembelajaran tematik dengan baik, maka perkembangan kognitifnya juga akan baik. Namun, jika peserta didik kurang memahami pembelajaran tematik, maka perkembangan kognitifnya juga akan kurang baik. Jadi, disarankan agar pendidik lebih berinovasi dalam membuat metode pembelajaran yang lebih menarik, dan perlu adanya koordinasi yang baik dengan orang tua. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68553 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SILVI LIYA KURNIAWATI.pdf | 259.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.