Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68531
Title: An Evaluation on the Translation of a Story Book “Tales for Creative Children” (Sebuah Evaluasi Terjemahan dari Buku Cerita “Tales for Creative Children”)
Authors: Sukarno
Wahyuningsih, Indah
HIDAYAT, TAUFIK
Keywords: Prosedur penerjemahan
Strategi penyesuaian
Sepadan
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ PRESS
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Kajian ini berkaitan dengan bidang penerjemahan, khususnya prosedur penerjemahan dan strategi penyesuaian yang mengevaluasi prosedur penerjemahan dan strategi penyesuaian yang diguanakan di dalam buku cerita anak dua bahasa berjudul “Tales for Creative Children”. Tujuan dari kajian ini ialah menguraikan strategi dan prosedur yang ada dalam proses penerjemahan, mengetahui alasan digunakannya strategi dan prosedur tersebut, dan mengevaluasi apabila makna antara Bahasa Sumber dan Bahasa Sasaran sudah sepadan atau tidak. Teori yang diguanakan dalam kajian ini ialah teori prosedur penerjemahan dan strategi penyesuaian oleh Nida yang mencakup (i) formal correspondence, (ii) dynamic equivalence sebagai prosedur dan (iii) grammatical adjustments, (iv) lexical adjustments and (v) cultural adjustments sebagai strategi penyesuaian dalam lingkup dynamic equivalence. Penemuan menunjukkan bahwa semua prosedur dan jenis penyesuaian diguanakan dalam proses penerjemahan, dan dynamic equivalence merupakan prosedur yang paling banyak digunakan dalam proses penerjemahan. Terbukti dari 175 kalimat yang dianalisa, 149 kalimat menggunakan prosedur dynamic equivalence, dan 26 kalimat lainnya menggunakan formal correspondence. Kesimpulannya, hasil terjemahan dalam buku cerita dua bahasa tersebut dikategorikan sebagai terjemahan yang “layak”.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68531
Appears in Collections:SRA-Humanities

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TAUFIK HIDAYAT.pdf270.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.