Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68513
Title: | Pengaruh Strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, |
Authors: | Bevo Wahono Suratno Putri Widya Mayangsari Suratno Bevo Wahono |
Keywords: | MURDER Flash Berpikir kritis Metakognisi, Hasil belajar siswa |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran mengutamakan interaksi dan diskusi untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah MURDER yang memiliki 6 langkah spesifik yaitu Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review. MURDER dikombinasikan dengan Flash agar membantu materi biologi yang diajarkan dapat bersifat konkrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran MURDER berbasis media interactif flash terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, metakognisi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel dari kelas XI SMA Negeri 2 Jember adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan Lembar Diskusi Siswa (LDS). Kemampuan metakognisi siswa diukur dengan instrumen MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang dikembangkan oleh Schrew dan Dennison (1994). Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data pada kemampuan berpikir siswa diukur dengan Independent T-test sedangkan kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa diukur dengan Anakova pada SPSS 17.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran MURDER berbasis media interaktif flash memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, metakognisi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Jember |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68513 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PUTRI WIDYA MAYANGSARI.pdf | 267.11 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.