Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68508
Title: | Pengaruh Penerapan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa |
Authors: | MUCHTAR, Imam MISNO ZAHRO, Nurvita Fatimatus MUCHTAR, Imam MISNO |
Keywords: | PENDEKATAN PAIKEM HASIL BELAJAR PENELITIAN EKSPERIMENTAL |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Yosorati 02 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas V yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM. Subjek pada penelitian ini berjumlah 44 siswa yang terdiri atas 22 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pola eksperimental semu tipe pre-test post-test control group design. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih skor pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 12,625 dan kelas kontrol adalah 7,45. hasil tersebut dihitung dengan uji-t dan diperoleh hasil thitung sebesar 2,232. Berdasarkan hasil tersebut berarti t-hitung > t-tabel (2,232>2,0189), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN Yosorati 02 Jember yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68508 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NURVITA FATIMATUS ZAHRO.pdf | 260.63 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.