Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68508
Title: Pengaruh Penerapan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa
Authors: MUCHTAR, Imam
MISNO
ZAHRO, Nurvita Fatimatus
MUCHTAR, Imam
MISNO
Keywords: PENDEKATAN PAIKEM
HASIL BELAJAR
PENELITIAN EKSPERIMENTAL
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Yosorati 02 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas V yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM. Subjek pada penelitian ini berjumlah 44 siswa yang terdiri atas 22 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pola eksperimental semu tipe pre-test post-test control group design. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih skor pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 12,625 dan kelas kontrol adalah 7,45. hasil tersebut dihitung dengan uji-t dan diperoleh hasil thitung sebesar 2,232. Berdasarkan hasil tersebut berarti t-hitung > t-tabel (2,232>2,0189), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN Yosorati 02 Jember yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68508
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURVITA FATIMATUS ZAHRO.pdf260.63 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.