Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68441
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind
Authors: Sulifah Aprilya Hariani
Kamalia Fikri
Nikmatul Fitriyah
Sulifah Aprilya Hariani
Kamalia Fikri
Keywords: Creative Problem Solving, Mind Mapping, berpikir kreatif, dan hasil belajar
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes (pretest dan postest desain), pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen¸ subyek dipilih secara clustering random dengan nilai rerata yang berdekatan antar semua kelas. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik Anakova dan Uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember tahun pelajaran 2014/2015.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68441
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NIKMATUL FITRIYAH.pdf278.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.