Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68385
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBambang Soepeno-
dc.contributor.advisorElla Rusviana Dewi-
dc.contributor.authorElla Rusviana Dewi-
dc.contributor.authorNurul Umamah-
dc.contributor.authorBambang Soepeno-
dc.date.accessioned2015-12-22T04:09:31Z-
dc.date.available2015-12-22T04:09:31Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68385-
dc.description.abstractImplementasi pendekatan berbasis konstruktivis menuntut peserta didik mampu berpikir historis. Hal inilah yang menjadi dasar kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif agar peserta didik dapat memaknai peristiwa sejarah yang dipelajari. Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan peserta didik cenderung pasif dan keampuan mengkonstruk pengetahuan belum terasah dengan optimal saat pembelajaran sejarah berlangsung. Hal ini disebabkan kurangnya variasi dalam memilih metode pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dipecahkan dengan merubah metode pembelajaran pendidik dengan menggunakan metode discovery learning berbasis asesment produk. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar sejarah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 1 SMAN 5 Jember dengan jumlah 39 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian 1. siklus 1 aspek kognitif memperoleh 74,64 meningkat 4,68% dari hasil belajar kognitif pra siklus 71,38, pada siklus 2 memperoleh 78,43 meningkat menjadi 5,07% dari hasil belajar siklus 1 74,64, pada siklus 3 memperoleh persentase 80,02 meningkat menjadi 2,02% dari hasil belajar kognitif 78,43. aspek psikomotor 1. pada siklus 1 memperoleh persentase 63,24%, pada siklus 2 memperoleh persentase 73,50%, pada siklus 3 memperoleh persentase 76,06%. Peningkatan aspek psikomotorik dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9,95%, dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 3,48%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning berbasis asesment produk dapat meningkatkan asil belajar sejarah pada peserta didik kelas X IIS 1 di SMAN 5 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMetode discovery learningen_US
dc.subjectasesment produken_US
dc.subjectHasil Belajar Sejarahen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS ASESMENT PRODUKen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ella Rusviana Dewi.pdf292.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.